Home » » TEMAN YANG BAIK

TEMAN YANG BAIK

Seorang teman memiliki pengaruh yang besar terhadap temannya,teman bisa mempengaruhi agama,pandangan hidup,kebiasaan,dan sifat-sifat seseorang.

Sangat penting memilih teman yang baik .Maka ada beberapa sifat atau karakter orang yang pantas di jadikan teman.

1.BERAQIDAH LURUS
Adalah syarat mutlak dalam memilih teman.Dia harus beragama Islam dan beraqidah Ahlus sunnah waljama’ah.

2.BERMANHAJ LURUS
Ini menjadi sifat mutlak yang ke dua .Islam melarang berteman dengan ahlul-hawa .Ibnu Abbas berkata “Janganlah kalian duduk-duduk bersama dengan ahlul hawa ,sesungguhnya duduk-duduk dengan mereka menimbulkan penyakit dalam hati (yaitu bid’ah).

3.TAAT BERIBADAH DAN MENJAUHI PERBUATAN MAKSIAT
Sabarkanlah dirimu bersama orang-orang yang berdo’a kepada Alloh ,pada waktu pagi dan petang ,(yang mereka itu)menginginkan wajah-Nya(Qs.al-Kahfi :28)

4.BERAHLAK TERPUJI DAN BERTUTUR KATA BAIK
Rosululloh bersabda :Mukmin yang paling sempurna imannya adalah mukmin yang paling baik akhlaknya.(HR.Abu Dawud no .4682 dan at-Tarmidzi no.1163.(ash-shohihah no.284)

5.TEMAN YANG SUKA MENASEHATI DALAM KEBAIKAN
Teman yang baik tentu tidak akan suka jika temannya jatuh dalam perbuatan dosa ,jika kita punya teman yang tak pernah menegur kita , dan tak memperdulikan kita ketika kita berbuat salah maka perlu di pertanyakan landasan pertemanan itu.

Tidak sempurna iman salah seorang dari kalian sampai dia mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri(HR.al-Bukhory no.13,Muslim no.40 .an-Nasa’I no 5031,at-Tirmidzi no.2515 dan Ibnu Majah no.66)

6.ZUHUD TERHADAP DUNIA DAN TIDAK BERAMBISI MENGEJAR KEDUDUKAN
Teman yang baik tidak akan menyibukkan saudaranya dengan hal0hal yang bersifat duniawi seperti sibuk membicarakan barang-barang konsumtif yang di sukai kaum hedonis.
Bersikaplah zuhud terhadap dunia , maka Alloh akan mencintaimu .Dan bersikaplah tidak membutuhkan trhadap apa-apa yang di miliki manusia , maka manusia akan mencintaimu.(HR.Ibnu Majjah no.4102(ash-Shahihah no.944)

7.BANYAK ILMU ATAU DAPAT BERBAGI ILMU DENGANNYA
Berteman dengan orang-orang yang punay dan mengamalkan ilmu akan berpengaruh secara positif kepada kita.

8.BERPAKAIAN YANG ISLAMI
Syaikh Bakr Abu Zaid dalam kitab al-Hilyah mengatakan:Perhiasan yang Nampak menunjukkan kecondongan hati .Orang –orang akan mengklasifikasikan dirimu hanya dengan melihat pakaianmu……………….Maka pakailah pakaian yang menghiasimu dan tidak menjelekkanmu , dan tidak menjadi bahan celaan dalam pembicaraan orang atau baan ejekan orang-orang tukang cemooh.

9.IA SELALU MENJAGA KEWIBAWAANNYA DAN KEHORMATANNYA DARI HAL-HAL YANG TIDAK LAYAK MENURUT PANDANGAN MASYARAKAT.
Imam Syafi’i berkata “Seandainya air yang dingin merusak kewibawaanku (kehormatanku)maka saya tidak akan minum air kecuali yang panas saja(Manaqib asy-syafi’I .Imam ar-Razy hal.85.Nukila Ma’alim fi thoriq Tholibil’ilmi hal.166)

10.SOSOSK YANG TIDAK BANYAK BERGURAU DAN MENINGGALKAN HAL-HAL YANG TIDAK BERMANFAAT .
Diantara cirri baiknya keislaman seseorag,dia meninggalkan hal-hal yang tak bermanfaat baginya(Hadits shahih riwayat at-Tirmidzi no.2317 dan Ibnu Majah no.3976)

• Memang sangat sulit mencari teman yang seideal itu tapi dengan idzin Alloh , dan usaha yang kuat di sertai do’a kepada Alloh kita akan mendapatkan orang-orang yang seperti itu .
• Bergaul dengan orang kafir,ahli bid’ah ,orang-orang fasik dan orang-orang yang berkarakter buruk lainnya harus di landasi keinginan dan niat untuk mendakwahi dan memperbaiki mereka.
• Kita harus pertimbangkan sisi kemaslahatan dan bahayanya pada diri kita dan orang-orang lain di sekitar kita.Jika bergaul dengan mereka mendatangkan manfaat yang jauh lebih besar bagi mereka maka kita boleh bergaul dengan mereka , naming jika malah menimbulkan bahaya , maka bergaul dengan mereka menjadi perkara larangan.
• Jika kita tidak memilih teman yang baik maka tinggal pilih apakah kita yang akan mempengaruhi mereka untuk menjadi lebih baik ataukah kita yang akan menjadi korban pengaruh buruk mereka.

• TIDAK ADA PILIHAN KETIGA!!

*Sumber As-Sunnah no.10/Thn. XIII Muharram 1431 H/Januari 2010 M.kolol baiti Jannati “TEMAN BERGAUL CERMIN DIRI ANDA’Oleh Abu Ahmad said Yai ,Lc Staf pengajar STIAI Imam Syafi’I Jember)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. 'Ammah Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger