Home » » TEMAN MAYA

TEMAN MAYA

Situs jejaring sosial mengantarkan kita pada hubungan pertemanan dengan berbagai jenis bentuk pertemanan .Aku pengen menulis banyak tentang beberapa teman maya,sebagian kemudian menjadi teman nyata.Adekku pernah bilang "aku g'percaya dengan semua teman maya mba'.Mereka semua itu semu.Aku tersenyum ...Bagiku tak semua begitu toh kadang sebagian jadi nyata,tapi aku bilang ke adekku "aku justru seneng mereka itu hanya teman maya.Aku juga kasih statement ke adekku bahwa kebaikan sebagian teman mayaku itu nyata kan??

Dua tulisan berikut sekedar sampel tentang teman maya ku.....

SUSAN LARASATI

Aku sering menjumpainya memberikan jempol di status teman yang sepi jempol……..

Sampai kemudian dia menulis pesan dinding tentang profil kepribadian.Tanggapanku satu sisi senang karena dahulu aku suka tema-tema tentang kepribadian.Tapi di sisi lain aku sudah lama tak merasa itu penting lagi,Bagiku ada tema-tema yang lebih penting untuk di bahas.Jadi ku tanggapi sekedarnya saja.

Tapi rupanya dia kurang berkenan dengan tanggapanku……sampai kemudian dia tiba-tiba memberikan komentar kasar di sebuah statusku tentang menikah beda manhaj.Agak g’nyambung menurutku dan kesannya kalap serta membabi buta.Aneh…………

Aku jelaskan di inbox….bukankah memang bener bahwa di Qs.Al-Maidah ayat 48 ada kata MINHAJA yang artinya jalan dan pengertian manhaj bisa di ambil dari sana ?
Tapi dia menolak seraya mengirim sebuah pesan yang tak kalah kasarnya dari komentarnya.

.. HAI MASYITHOH FADHIL YANG SELALU MENGANGGAP 100% Analytical,Sensitive,Planner,Schedule,Orderly,Detailed,Cultured,
Chartmaker,Perfectionist,Unforgiving, Resentful,Unpopular ,Hard to Please,Pessimistic,Alienated,Withdraw,Too sensitive,Depreseed,Introvert,Loner,Revengeful,Critical. 90% Bashful....

.. KAMU SANGAT JAUH DARI KEBENARAN!!!!!!!!!!!!!
bisa-bisanya memahami Islam dan mengkotak-kotakkannya sendiri, na'udzubillaahiminzhaliik!

.. kamu, perempuan, ibarat tulang rusuk yang bengkok!!!! belajarlah yang benar! cek kutipan kamu di atas yang bertulis:
“Dan kami jadikan untuk masing-masing kalian syariat dan minhaj.” (Al-Maidah: 48)

SALAH!!!!

tidak sama dengan Al-Qur'an yang kubaca!!! kafir!

bahkan yang sebenarnya, ialah..

- a'uudzubillaahissami'il'aliimiminasysyaithaanirrajiim..

- Dan Kami telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran, yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjaganya, maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. UNTUK SETIAP UMAT di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. KALAU Allah Menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya SATU UMAT (saja), TETAPI Allah hendak Menguji kamu terhadap karunia yang telah diberikan-Nya kepadamu, MAKA BERLOMBA_LOMBALAH BERBUAT KEBAJIKAN. Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu diberitahukan-Nya kepadamu terhadap APA YANG KAMU PERSELISIHKAN.

Lama Aku sudah melupakan kejadian itu ,Tiba-tiba di jendelah obrolanku, siang itu …….

• Assalamu’alaykum
• saya minta maaf, saya salah
ini account adik terkecil saya
saya menggunakannya karena ia berenang saat ini
saya, SUSAN LARASATI

Lama terdiam……sambil mengingat2…ya dahulu ada yang berkomentar di salah satu statusku tentang HARUSKAH MENIKAH DG ORANG YG SATU MANHAJ?
Komentarnya begini “WOI CEK DULU TUH DALIL SURAT AL-MAIDAH AYAT 48.. KAFIR KAU MENJADIKAN DALIL YANG TAK SESUAI KEBENARANNYA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Lama kemudian ku balas .

• lupakan .maafkan ana juga
• sama-sama.

KEMUDIAN dia lanjutkan obrolannya

• saya, dulu pernah murtad sempat beragama Kristen dan sudah dibaptis.saya, sebenarnya belum paham tentang berbagai ilmu Islam, tepatnya, tentang manhaj dan golongan.hanya pernah mendengar dari kawan FB mengatakan bahwa ada istilah Salafi bin Wahabi yang menentang ajaran Sufi.saya, kembali ke Islam melalui pencerahan seorang Sufi.saya merasa tersinggung ketika ada teman remove saya hanya karena tidak koment atau jempolin statusnya saya cerita dengan kawan FB, ia berkata bahwa itu lah orang Salafi bin Wahabi

saya tak paham apa maksudnya saya hanya paham Salafi.tapi ia berkata, bahwa Salafi yang menghina salafi sendiri, sebab Salafi banyak golongannya.saya tambah BINGUNG.sebab, saya berpikir dulu, Islam hanya 1.saat Kristen pun saya menemui banyak golongan Kristen, tapi saya pikir Islam tidak demikian.

Aku hanya diam tak membalas apapun hanya dalam hati aku ingin bilang .Bukankah ada hadist yg artinya:
dan sesungguhnya ummat ini akan terpecah menjadi 73 golongan, 72 di
antaranya di neraka dan hanya satu yang di surga yaitu al-Jama’ah”. (H.R. Abu Dawud)

Sementara dia tetap bercerita ……
dan saya pernah dikomentin dalam FB tentang sebuah hadist.. mengenai tafsirannya, bukannya tak paham, tapi, saya merasa diuji dengan seorang yang berpengetahuan.saya rasa, mungkin 'mba'
makanya, saya melihat prof 'mba' dan berusaha mencari celah, dan saya salah, tak pantas membalas dan berprasangka begitu saja
mohon maaf

aku menjawab

• ana pernah koment stts anti?ttg apa?gmn koment ana?apa maksudnya mencari celah?

• ana lupa, itulah kesalahan ana .afwan ya ukhti dalam Q.S. Muhammad (47) : 22-31 dilarang memutuskan silaturahmi.ana sering mengingatkan diri dengan ayat ini.mohon maaf ya ukhti tersinggung saya salah MENGKAFIRKAN ukhti.tapi, kita saudara seiman khan ukhti.maafkan saya
Allah adalah Tuhan kita.Muhammad adalah Nabi dan Rasul kita
mohon maafkan saya

• ttg pengkafiran itu ana g'tersinggung,bgt jg masalah memutuskan tali silaturahmi.ttg pengkafiran itu justru memotifasi ana u share catatan berjudul JANGAN MUDAH MENVONIS KAFIR SILAHKAN LIHAT DI catatan ana
SILAHKAN LIHAT DI catatan ana

•mohon maafin ana,ana butuh belajar tentang Islam.ini ana ungkapkan langsung kepada saudari ana yang terdzalimi oleh ana sendiri.jika ana bodoh, karena ana belum paham.mohon maafkan ana ya ukhti.hanya itu yang ana harapkan.jika ana meninggal nanti
jazakillaah atas waktu luang dan diberikan kesepatan kepada saya untuk bisa menyampaikan hal ini, jika ana sempat menyebarkan video dari kiriman kawan terkait Al-Albani, mohon maafkan kembali, di wall saya, sebab, saya pun mencari pengetahuan tentang Allah subhanahu wata'ala
insya Allah
bismillaah
Asalaamu'alaykum warahmatullaah wabarakatuh

Entahlah sampai sekarang aku merasa susan larasati bukan wanita……………


NABILA

Ya namanya nabila,Pertama kali aku mengenalnya ketika dia terlibat adu komentar di situs jejaring social face book dengan dua orang ikhwan,aku menegurnya dengan sangat kasar.Tapi dia malah meminta no HP dan menasehatiku tentang menasehati bil hikmah…..aku malu sekaligus bersikukuh bahwa aku tak salah dengan caraku…..

Pertemanan kami bukan pertemanan yang selancar dan semulus jalan tol,tapi tersendat-sendat seperti jalan kampong yang belum pernah tersentuh aspal.he…he..he…..perumpamaan yang jelek sama sekali g’manis untuk menggambarkan sebuah pertemanan.

Pertama kali saling berkirim sms aku akhirnya tahu ternyata kita sama-sama sarjana ekonomi,sama-sama pernah jadi tenaga pendidik.

Lama kemudian kami tak saling sms.Ada kabar gembira sekalius kabar sedih.Kabar gembiranya karena dia mau menikah kabar sedihnya nabila sakit.Kabar yang tak langsung kuterimah dari dia tapi dari teman kami.sama-sama teman maya yang tak pernah saling sua.

Lama kemudian …..begitulah gambaran hubungan kami ,sebentar saling dekat,akrab lama kemudian saling menghilangkan jejak masing-masing tanpa kabar berita…..ya lamaaaaaaaaaaaaa…kemudian baru ada kabar lagi.(aku tak ingin berbagi di sini tentang itu.ini kesepakatan kami berdua).

Dan siang itu 

……Ammah ……….bila mengenalmu lewat jiwa ,bukan lewat mata.Bila menjadikanmu saudara lewat hati …..Bila tak tahu seperti apa bila dalam pandangan ammah.Selayak apa bila dalam ukhuwahmu…Tapi bila tahu meski dengan keterbatasan bila ,berbalut kekurangan bila menulis namamu di hati bila sejak awal .Dan tak akan pernah terganti apalagi terhapus sebagai tanda SAUDARA di hati bila .Kemaren,hari ini,ataupun nanti Insya Alloh…………

I miss you Ammah
11:52:02
15-07-2010

Hemm………..ternyata bila lebih bisa menuangkan kisah pertemanan kami dalam sebuah kalimat-kalimat dari pada aku……*nyengir*……………

Aku tak balas apa-apa………..aku hanya ingat sms dari seseorang tentang lika-liku sebuah hubungan.Pertemanan,persahabatam,dan apapun itu ………

Kita jalani saja .hidup kita bagaikan sebuah mobil yang berjalan di malam hari yang gelap,di mana lampu mobil hanya bisa menyinari sekitar satu meter ke depan, sedang sisanya tetap gelap sampai lampu mobil menyinarinya hingga kita tahu ada apa di depannya , dan ada apa berikutnya.sisanya tetap rahasia.
Kita akan merasakan orang itu kita sayangi atau tidak ,ketika dia tidak ada .Bener-bener tidak ada.mungkin saja hubungan kita akan seperti hubungan ammah dan……………..(ammah tak sebutkan tapi kau pasti tidak lupa),tapi ammah akan tahu sebenernya jika salah satu dari kita pergi jauh,ke tempat yang tidak akan pernah mengirim kita kembali.tapi pastinya kau sayang ammah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. 'Ammah Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger