Home » » BUNGA KAKTUS DAN KUPU-KUPU

BUNGA KAKTUS DAN KUPU-KUPU

Saat saya minta Kepada Alloh setangkai bunga segar .....
Alloh beri kaktus berduri
Saat saya minta kupu-kupu yang cantik...........
Alloh beri ulat berbulu
Saya sedih dan kecewa .........
Namun kemudian kaktus itu berbunga indah dan ulat itupun menjadi kupu-kupu yang cantik.
Itulah jalan Alloh , indah pada waktunya .
Alloh tidak memberikan apa yang kita harapkan , tapi Alloh memberikan apa yang kita perlukan .
Kadang kita sedih , kecewa , dan terluka .
Tapi jauh di atas segalanya Alloh sedang merajut yang terbaik dalam hdup kita.
(22-Desember-2008)

Dibutuhkan kesabaran , perasaan optimis , dan pikiran-pikiran positif sebelum kita menyadari bahwa kelak kaktus itu akan berbunga indah dan ulat bulu itu akan bermetamorfosis menjadi kupu-kupu yang cantik. Bagaimanapun saat yang ada di hadapan kita itu hanya kaktus dan ulat bulu sementara kita berharap bunga segar dan kupu-kupu yang cantik maka kita akan di hantui bermacam prasangka buruk.Bagaimana jika kaktus itu tak pernah berbunga indah , bagaimana jika ulat-ulat itu mati sebelum bermetamorfosis, bagaimana jika kita memang hanya layak mendapatkan kaktus berduri dan ulat bulu , bagaimana jika bunga kaktus itu tak seindah yang kita harapkan .....dan seterusnya……..dan seterusnya

Dan adalah reaksi kita pertama kali ketika yang ada di hadapan kita hanya kaktus berduri dan ulat bulu. Apakah kita akan larut dalam kesedihan , kekecewaan , membiarkan kaktus itu tumbuh liar
atau mati perlahan , atau kita membuang jauh-jauh kaktus dan ulat bulu itu sebagai pelampiasan atas rasa sedih dan kecewa kita. Boleh jadi kita tak pernah mau berpikir bahwa kelak kaktus itu akan berbunga indah dan kupu-kupu yang cantik yang kita harapkan itu sebenarnya berasal dari ulat bulu. Saat kaktus itu kemudian berbunga indah dan ulat itu bermetamorfosis menjadi kupu-kupu yang cantik mungkin kita baru sadar . Namun bagaimana jika ternyata kaktus itu tak kunjung berbunga indah

Bahwa untuk memiliki bunga yang indah dan untuk bisa bermetamorfosis secara sempurna , bisa jadi perlu waktu yang lama , perlu pemeliharaan dan perawatan serta usaha-usaha bagaimana caranya agar kaktus itu dapat berbunga indah dan ulat itu dapat bermetamorfosis secara sempurna , di mana semua itu memerlukan kesabaran . Mungkin kita harus berdarah-darah terlebih dahulu karena tertusuk duri kaktus atau gatal-gatal karena bulu ulat itu .

Mungkin yang paling utama adalah pikiran-pikiran positif , karena dengan berpikir positif dapat memotifasi kita untuk sabar sekaligus optimis , bahkan jika kaktus itu bukan jenis kaktus yang dapat berbunga indah , bahkan jika ulat itu tetap ulat bulu selamahnya , dengan berpikir positif akan membuat kita memandang indah dan menyukai kaktus itu dan melihat betapa lucunya ulat bulu itu .Jika kemudian kelak kaktus itu berbunga indah dan ulat itu telah berubah menjadi kupu-kupu yang cantik maka kecantikan dan keindahannya akan berlipat dalam sudut pandang kita . Bagaimanapun tanpa pikiran positif , sekalipun kelak kelak kaktus itu telah berbunga indah dan ulat itu telah bermetamorfosis kita tetap merasa semuanya buruk.

Betapa semua menginginkan Tuhan memberikan setangkai bunga segar serta kupu-kupu yang cantik persis seperti yang kita harapkan dan bayangkan , bukan kaktus berduri apalagi ulat bulu yang menjijikkan dan menggelikan . Tapi tak semua bisa mendapatkan persis seperti yang kita inginkan.

Mungkin ada hal-hal yang lebih baik bagi kita dengan di berikannya kaktus berduri dan ulat bulu , dari pada kita langsung di berikan bunga segar dan kupu-kupu yang cantik.

Mungkin Tuhan menaruh kepercayaan kepada kita untuk merawat , memelihara kaktus berduri dan ulat bulu itu sampai dapat berbunga indah dan menjadi kupu-kupu yang cantik , sehingga kita dapat mengagumi keindahan bunga kaktus dan kecantikan kupu-kupu . Bukankah tak semua orang punya kemampuan dan pengetahuan untuk merawat dan memelihara kaktus apalagi sampai bisa berbunga , bukankah tak semua orang bisa mengagumi keindahan bunga kaktus ? Dan Tuhan memberikan kita kemampuan dan sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan orang . bahkan ketika tiba waktunya kita dapat tunjukkan keindahan bunga dari kaktus berduri dan kupu-kupu yang cantik hasil metamorfosis ulat bulu yang kita rawat dan pelihara .

Mungkin Tuhan tahu , akan lebih baik bagi kita kaktus yang kelak akan berbunga indah daripada bunga segar yang sesaat kemudian akan layu. Tuhan percaya kita mampu merawat dan memelihara kaktus berduri dan ulat bulu itu berproses meski sambil menahan rasa sedih , kecewa dan terluka. Adalah wajar jika rasa itu ada , mengingat sebelumnya kita pernah menaruh sebuah asa akan sesuatu yang kita persepsikan lebih indah dari sekedar kaktus berduri dan kupu-kupu . Akan berbeda jika sebelumnya kita tak memiliki asa untuk mendapatkan sesuatu yang kita anggap lebih dari kaktus berduri dan ulat bulu . Akan berbeda jika kita memang penyuka kaktus dan ulat bulu.. Mungkin rasa sedih , kecewa apalagi terluka itu tak perlu kita rasakan.

Bahwa mungkin kita bukan penyuka kaktus , bahkan jika kelak kaktus itu berbunga indah .

Bagaimanapun ketika kita melihat kebanyakan orang lain bisa mendapatkan setangkai bahkan bertangkai-tangkai
bunga segar dan bermacam-macam kupu-kupu cantik seperti yang di harapan tanpa harus bersusah payah merawat , memelihara apalagi sambil menahan rasa sedih , kecewa dan terluka , kadang kita merasa sebagai terhukum . Bahwa bisa jadi kaktus berduri dan ulat bulu itu tak lebih dari hukuman Tuhan . Lalu kita hanya bisa terima seraya meratapinya , membiarkan kaktus itu tumbuh liar hingga mati perlahan atau membuang jauh-jauh kaktus berduri dan ulat bulu itu
Kadang kita merasa hidup kita hanya sekumpulan kaktus berduri dan ulat bulu, tanpa kita tahu apakah kelak akan berbunga indah dan menjadi kupu-kupu yang cantik . Kita juga tidak tahu apakah kita sudah benar-benar merawat dan memeliharanya . Karena kadang kita tak punya cukup kemampuan dan pengetahuan untuk bisa merawat dan memelihara kaktus berduri itu hingga dapat berbunga indah dan kita juga tak tahu cara membantu ulat itu bermetamorfosis menjadi kupu-kupu , sehingga kita tak merasa harus memupuk asa bahwa suatu saat nanti kita dapat menikmati keindahan bunga kaktus . Atau kadang kita mempertanyakan kelayakan kita untuk bisa menikmati keindahan bunga kaktus dan kecantikan warna-warni kupu-kupu . Kalau sudah begitu kita benar-benar merasa bahwa hidup kita hanya serupa bagai taman kaktus liar yang tak terawat

Sungguh kita sangat berharap Tuhan masih mau memberikan beberapa jenis bunga dalam taman hidup kita meski dia harus tumbuh di antara kaktus-kaktus liar yang tak terawat . Mungkin dengan itu ada semangat dalam diri kita untuk mau merawat , memelihara dan merapikan taman hidup kita , meski isinya hanya kaktus liar penuh duri yang tak akan pernah berbunga indah . Meski di taman hidup kita tak banyak kupu-kupu cantik dengan berbagai bentuk , rupa dan warna , minimal ada satu dua kupu-kupu biasa yang mau singgah ke taman hidup kita . meramaikan dan mewarnai taman hidup kita , karena ada beberapa jenis bunga lain yang Tuhan berika kepada kita selain kaktus-kaktus berduri yang telah kita biarkan tumbuh liar tak terawat dan tak terpelihara . Agar taman hidup kita tak hanya di penuhi kaktus berduri dan ulat bulu. Biarpun taman hidup kita tak sesempurna , tak seindah taman hidup yang lainnya yang berisi bunga -bunga cantik nan mahal harganya , yang tertata rapi tanpa cela . Mungkin kita tidak terlalu layak untuk bisa bangga karena mendapatkan dan memiliki taman hidup yang seindah dan sesempurna itu.

Sungguh !! kadang jika setiap kita berharap Tuhan berikan setangkai bunga segar lalu yang kita dapatkan adalah kaktus dan kaktus lagi maka setiap itu pula kita sedih , kecewa dan terluka . Waktu yang lama pun mengakumulasikan rasa sedih , kecewa dan terluka kita hingga berbuah skeptis , apatis dan psimis . membatukan dan mendinginkan hati kita , bahkan ketika semua kaktus itu kelak berbunga indah dan ulat itu telah menjadi kupu-kupu yang cantik , kita tetap tak mampu melihat dan menikmati keindahan bunga kaktus dan kecantikan kupu-kupu karena gelap dan dinginnya hati kita.

JIka memang hidup kita hanya sekumpulan kaktus berduri dan ulat bulu , mudah-mudahan kita sabar merawat dan memelihara hingga jadi berbunga indah dan menjadi kupu-kupu yang cantik . Lalu kita akan memiliki taman kaktus nan indah dengan sekawanan kupu-kupu yang cantik berterbangan di taman hidup kita .Semoga kita tidak kehilangan asa baik dalam merawat dan memelihara maupun berharap bahwa Tuhan akan berikan berbagai jenis bunga dalam taman hidup kita yang membuat taman hidup kita semakin berwarna . Seraya kita tetap bersyukur jika yang Tuhan berikan adalah kaktus dan kaktus lagi . Bukankah itu berarti taman hidup kita taman special kaktus ? Bukankah sangat langkah orang -orang yang memilikinya ? Meskipun di dunia ini kita bukan satu-satunya pemilik taman special kaktus . Meskipun secara umum boleh jadi itu tak membanggakan mengingat hanya sebagian orang yang punya sudut pandang berbeda dengan kebanyakan orang dalam memandang keindahan kaktus . Hanya sedikit orang yang punya kemampuan menikmati indahnya kaktus atau sekumpulan kaktus .

Jangan pernah biarkan kaktus-kaktus itu tumbuh liar dan tak terawat , meskipun kita tak berharap akan bunganya . Paling tidak kaktus-kaktus itu terpelihara dan terawat rapi. Meski hidup kita hanya serupa dengan taman kaktus berduri tanpa bunga dan kupu-kupu , tapi itu taman yang rapi dan terawat . Meski kita tak bisa banggakan pada khalayak akan keberadaannya . Apapun itu Tuhan telah berikan kepada kita . Hendaknya sudut pandang kita bukan kepada kaktus dan ulat bulu , tetapi lebih kepada yang memberikan kaktus dan ulat bulu itu . Sebagai apapun itu apakah sebagai hukuman atau sebagai anugerah terindah dari-Nya . Karena kadang yang sebenarnya adalah bagaimana sudut pandang kita akan apa yang Tuhan berikan kepada kita ,agar apa yang Tuhan berikan tak hanya nampak atau kita rasa sebagai kaktus berduri dan ulat bulu, biar taman hidup kita tak hanya kita rasa sebagai taman liar yang hanya di tumbuhi kaktus berduri dan di penuhi ulat bulu , sehingga kita tak harus menghakimi dan menghukumi diri kita untuk kemudian membiarkan taman hidup kita menjadi sekumpulan kaktus liar yang di penui ulat bulu . Bisa jadi di antar liarnya kaktus itu telah tumbuh beberapa jenis bunga dan tanaman lain , atau sebagian kaktus itu telah berbunga indah dan ulat itu telah bermetamorfosis . di mana karena kita terlalu lama membiarkan taman hidup kita tak terawatt dan terpelihara maka sama sekali tak nampak keindahannya

Tuhan lebih tahu apa yang kita perlukan . kadang kita terlalu yakin dengan yang kita harapkan sebagai yang kita perlukan .Memang sulit menerimah sebuah kenyataan bahwa yang kita harapkan ternyata menurut Tuhan bukan yang kita perlukan. Bagaimanapun juga ketika kita mengajukan sebuah permohonan atas harapan – harapan kita pasti itu di sertai dengan keyakinan bahwa itulah yang kita perlukan . Namun Tuhan Maha Tahu sedang kita tidak . Akan lebih baik kita menerima dari Yang Maha Tahu , apapun itu . meskipun pada awalnya kita sedih , kecewa , dan terluka . Mungkin waktu yang akan menyembuhkan luka kita .

Mungkin suatu hari nanti kita akan tersadarkan bahwa apa yang Tuhan berikan itu ternyata memang yang kita perlukan . Toh dari sekian banyak yang Tuhan berikan pasti tak semuanya mengecewakan . Pasti banyak pemberian Tuhan yang sangat sesuai dengan kita , bahkan tanpa kita meminta sebelumnya .

Ketika kehidupan memberimu 1000 alasan untuk INGIN SESUATU , Pahamilah bahwa Alloh punya sejuta tahu akan KEBUTUHANMU ……….
Awali hari dengan rasa syukur dan keikhlasan………
Nikmati setiap detik waktu yang berdetak dengan istiqomah dan keikhlasan ………
Serta akhiri kelelahan hari ini dengan senyuman dan keikhlasan
Semoga Alloh ridho atas semua kerja keras yang telah kita lakukan ………………….
SELAMAT BERMETAMORFOSIS DALAM KEPOMPONG KEHIDUPAN

SEMOGA DIRIMU DAPAT BERUBAH MENJADI KUPU-KUPU YANG CANTIK (28-January-2009)


0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. 'Ammah Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger