Home » » TASAWUF

TASAWUF

Ammah sarikan ini dari AL-FURQON edisi 12 tahun ke 8 / Rajab 1430 H /Juli 2009 . Dari kolom Manhaj yang berjudul

ANTARA ISLAM DAN TASAWUF
oleh Arif Fathul Ulum bin Ahmad Syaifulloh .

Dahulu di zaman Rosululloh para sahabat dan tabi’in dalam beragama hanya ittiba’ (mengikuti) al-Qur’an dan as-Sunnah .Mereka merasa mulia dengan menisbahkan diri kepada kitab dan sunnah , Mereka tidak melakukan hal-hal ekstrem dalam ibadah kepada Alloh


SUMBER PENGAMBILAN ISLAM DAN SUMBER PENGAMBILAN TASAWUF

• Masdar talaqqi ( Sumber pengambilan ) agama Islam adalah wahyu (Qur’an dan Sunnah shohihah dengan pemahaman para sahabat , Ijma’ (kesepakatan ahli ilmu ) dan Qiyas ( analogi ) yang shohih )
Iman Syafi’I menegaskannya itu dalam al-Umm :7/298
Lagi-lagi jadi ingat Adonis , ingatan catatan amah yang mempertanyakan kenapa Adonis begitu menggugat Imam Syafi’i ? mungkin karena itu

• Sumber pengambilan Tasawuf (sufiisme )

1.KASYAF (ILHAM )

• Ibnu ‘Arabi bilang “Sesungguhnya seseorang tidak akan sempurna di sisi kami dalam hal kedudukan ilmu sehingga ilmunya di ambil langsung dari Alloh Azza wa Jalla ………..maka bukanlah ilmu melainkan kasyaf dan zuhud (Thobaqo Sya’roni :1/5)

• Abu Yazid al-Busthoni berkata kepada para ulama zamannya “ kalian mengambil ilmu dari para ulama tulisan dari yang sudah mati , sedangkan kami mengambil ilmu dari dzat yang Maha hidup , yang tidak pernah mati .Kami katakan :Telah mengabarkan kepadaku hatiku dari Tuhanku “( Thobaqoh Sya’roni :1/5)

• Syaikhul Ibnu Taimiyyah membantah perkataan itu dengan berkata :” Adapun yang di nukil dari orang-orang tsiqoh (terpercaya ) dari nabi yang terjaga maka ia adalah haq .Adapun yang dating kepadamu , dari mana kamu tahu bahwa itu wahyu dari Alloh , bagaimana kalau itu wahyu dari setan ? sedang wahyu itu ada dua wahyu dari Alloh dan dari setan (Qs.6:121) (Qs.6:112) (Majmu’ Fatawa :13/73 )
Nurul lagi baca kitab (buku) nya Ibnu Taimiyyah kan ? bagi dunk !

2.MIMPI

Rosululloh bersabda bahwa tak semua mimpi itu benar , jadi mimpi itu tidak bisa di jadikan dalil karena di sna mengandung dua kemungkinan yaitu haq dan bathil .

Al-Imam asy-Syatibi al- Maghribi al- Maliki mengatakan mimpi adalah argument yang paling lemah .

Anehnya sufiisme itu menjadikan mimpi sebagai dasar beribadah , padahal selain mimpi dari para nabi tidak bisa di jadikan hokum syar’ih kecuali mimpi itu sesuai dan di dukung hokum syar’ih

Faedah mimpi itu kabar gembira dan peringatan secara khusus , bukan sumber hukum

2.TAJRIBAH ( PERCOBAAN )

Yaitu seseorang melakukan ibadah lalu mendapatkan manfaat , lalu ada yang lain sesudahnya ikut mengamalkan agar dapatkan manfaat yang sama . Ini tidak di benarkan karena agama itu berdasarkan dalil , Setiap ibadah yang tidak ada dalilnya itu bid’ah .

4.DZOUQ ( PERASAAN )

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata :” Di antara pokok-pokok yang di sepakati di kalangan para sahabat dan para pengikut mereka di dalam kebaikan bahwasannya tidak di terima dari siapa pun yang menentang al-Qur’an dengan pemikiran atau perasaanya atau akalnya atau qiyasnya ……….tidak ada dari salaf yang mengatakan bahwa dia memiliki perasaan atau pembicaraan atau mukasyafah yang menyelisih al-Qur’an dan al-Hadits .

ANTARA ZUHUD DAN TASAWUF

ZUHUD adalah sifat pertengahan antara kerakusan orang yahudi terhadap dunia dengan kerahiban orang Nasrani yang meninggalkan sebab dan usaha yang sesuai dengan ajaran Islam (Qs.2:143)

Zuhud dalam batas ittiba’ maka ia di puji dalam Islam karena nabi adalah orang yang pertama zuhud dalam hal dunia demikian juga Abu Bakar ,Umar dan kebanyakan sahabat .

Zuhudnya nabi dan para sahabat bukan meninggalkan usaha dan berdiam diri menunggu pemberian manusia .Mereka berusaha sehingga dunia datang kepadanya kemudian mereka menginfakkan di jalan-jalan kebaikan .

Meskipun demikian ini tidak di WAJIB kan , karena tidak ada satupun dalil yang mewajibkan , dan di antara para sahabat ada yang menyibukkan diri dengan perdagangan dan mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya seperti Utsman bin ‘Affan , Abdurrohman bin ‘Auf dan Zubair bin ‘Awwam. Orang-orang Anshor memiliki kebun-kebun dan mereka bekerja di dalamnya . Nabi tidak melarang mereka dari hal itu semua .Nabi bahkan mendo’akan Anas bin Malik “ Ya Alloh perbanyaklah hartanya , anaknya , dan berikan keberkahan padanya .

ADAPUN ZUHUDnya kaum sufi adalah meninggalkan usaha yang halal dan pekerjaan yang bermanfaat berdiam di ribath-ribath , menunggu kemurahan manusia , meminta-minta dan mengharap kedermawanan manusia atau mengelilingi para pengusaha dan membuat kedustaan di hadapan mereka memuji mereka agar mendapat jamuan makan . Mereka mempersulit diri dengan pakaian lusuh ,penuh tambalan untuk menunjukkan kezuhudan , ke sholehan dan kewalian.Bahkan ada yang menyengsarakan diri dengan tidak makan berhari-hari atau makan makanan yang kering dengan garam padahal mereka mampu mengadakan makanan yang lebih dari itu , Sedangkan nabi saja memakan daging dan menyukai daging paha kambing .Adapun para sufi itu ada yang makan abu dan tanah , minum air keruh , menjauhi air jernih karena khawatir tidak mampu bersyukur . Ini alasan dan argument yang lemah . Apakah dengan meninggalkan air yang jernih itu berarti telah menunaikan rasa syukur , bahkan bisa jadi ia berdosa karena telah membahayakan tubuhnya padahal Alloh berfirman dalam qs.4 “29 , Qs .2 :185 .

TAZKIYATUN NUFUS NYA NABI DAN SUFI

Tazkiyatun nufus nabi yang syar’ih
• Tauhid (Qs. 9 :28 )
• Thoharoh ( Qs . 9 :108 )
• Sholat (Qs . 29 :45 )
• Zakat ( Qs. 9 :103 )
• Mengerjakan semua kebaikan yang Alloh cintai , karena siapa yang berbuat kebajikan dia telah bertaqwa dan siapa saja yang telah bertaqwa sungguh dia telah membersihkan jiwanya .Qs.2:189 , Qs, 21:92

Adapuk kaum sufi menjadikan
• Berwirid dengan wirid – wirid bid’ah
• Menyanyi
• Menari
Sebagai sarana tazkiyatun nufus .

• Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata :” KETAHUILAH BAHWA TIDAK ADA PADA TIGA GENERASI TERBAIK DI HIJAZ ,SYAM ,YAMAN ,MESIR , MEGHRIB ,IRAK dan KHURASAN dari orang yang beragama , sholih ,zuhud , taat beribadah berkumpul , menyanyikan lagu , bertepuk , bersiul , tidak dengan duff tidak dengan telapak tangan dan tidak pula dengan stik . Bid’ah ini muncul pada akhir tahun 200 an

• Al-Imam asy-Syafi’I berkata Aku tinggalkan di Baghdad sesuatu yang di ada-adakan oleh orang-orang zindik yang mereka namakan Taghbir (nyanyian dengan diiringi gendang ), mereka menghalangi manusia dengan taghbir tersebut dari al-Qur’an .

• Al-Imam Ahmad di tanya tentang hal itu , maka beliau berkata ‘ Aku membencinya dia adalah bid’ah . Di tanyakan apakah engkau duduk bersama mereka ? Beliau menjawab :” Tidak .’ Demikian juga para imam yang lain memebenci itu .

TASAWUF SUNNI DAN FALSAFI

• TASAWUF SUNNI adalah tasawuf yang berpegang pada Qur’an dan Sunnah
• TASAWUF FALSAFI berdasarkan filsafat yunani , Persia , India dan Kristen .
• Para Imam salaf menghukumi bid’ah kepada khowarij , qodariyah , syi’ah secara keseluruan meskipun tanpa tercanpuru filsafat . hanya karena mereka menyelisihi kitab dan mengada-ada . Demikian juga tasawuf pada awalnya berangkat dari zuhud yang menyelisihi sunnah , kemudian peribadahan-peribadahan yang di dalamnya mengandung mujahadah-mujahadah dan pandangan-pandangan yang menjaring was-was dan lintasan-lintasan pemikiran , mereka berpegang pada hadist yang lemah dan palsu , berbicara atas nama Alloh tanpa ilmu

TULISAN-TULISAN KELOMPOK SHUFIYYAH

1. Ath-Thobaqot (Abu Abdirrohman as-Sulami )
2. Ar-Risalah (al- Qusyairi)
3. Ihya ‘ Ulumi (al-Ghozali )
4. Qut (Abi Tholib al_maliki)
5. Al-Ghunyah (Abdul Qodir al-Jailani )

Dengan demikian Tasawuf dari awalnya adalah tercela dan bid’ah sebelum di masuki filsafat , dan belakangan mereka tidak hanya terbatas pada tokoh-tokoh dan syaikh-syaikh mereka tapi mereka juga bergantung pada para wali ,kuburan ,dan peninggalan mereka seperti wirid-wirid buatan berdasarkan bid’ah , syirik , dusta atas nama Alloh .


TASAWUF DALAM PERADABAN ISLAM
Oleh Abu Ahmad as-Salafi

( kritik terhadap makalah yang berjudul TASAWUF DI DALAM PERADABAN ISLAM .APRESIASI DAN KRITIK yang di tulis Prof,.Dr.Kautsar Azhar Noer . guru besar Tasawuf – da’I besar tasawuf – dari UIN Syarif Hidayatulloh Ciputat Jakarta . yang akan di jadikan kata pengantar buku berjudul TASAWUF YANG DI PUJA TASAWUF YANG DI KUTUK )

NABI MUHAMMAD SUFI TERBESAR ?

Semua Rosul , nabi dan wali adalah sufi , yang tidak lain dari manusia sempurna (insan kamil ).Nabi Muhammad adalah sufi terbesar karena beliau adalah manusia sempurna yang paling sempurna .

Ini adalah KELANCANGAN .karena semua nabi dan Rosul membawa risalah ( wahyu ) Alloh , sedang tasawuf adalah ajaran sesat yang tidak bersumber dari wahyu melainkan percampuran antara ghuluw syi’ah , pola pikir bathiniyyah ,serta kerahiban Kristen , kependetaan Hindu ,kezuhudan budha , dan filsafat – filsafat yunani ,serta ritual yahudi .

Syaikh Abdurrohman al-Wakil berkata : periksalah ajaran tasawuf , pasti akan kita temukan di dalamnya ajaran hindu , budha , zoroaster , manawiyah dan dishaniyah , juga filsafat Ariestoteles , Galileo galilei dan ajaran yahudi , nasrani , dan paganisme jahiliyyah .

TASAWUF BERSUMBER DARI QUR’AN DAN SUNNAH ?!

Lihat sumber pengambilan tasawuf

WAHDATUL WUJUD , SUMBANGAN TASAWUF TERHADAP PERADABAN ISLAM?

Apresiasi pantas di berikan terhadap tasawuf karena sumbangannya yang sangat bernilai bagi perkembangan peradaban Islam , misalnya dalam bidang filsafat , sastra , musik , tarian ,psikologi dan sains modern .

Sumbangan tasawuf dalam bidang filsafat yang patut mendapat apresiasi khususnya metafisika , yang mencakup konsep-konsep ontologis ,teologis,kosmologis,dan antropologis .

Dan konsep filosofis kunci sufi yang besar sumbangannya bagi metafisika adalah WAHDATUL WUJUD (kesatuan wujud )

Wahdatul wujud adalah keyakinan kufur yang meyakini bahwa tidak ada sesuatu kecuali Alloh , segala sesuatu yang ada adalah penjelmaan Alloh , tidak ada pemisahan antara Mahluk dan Kholik . Keyakinan ini berasal dari pemikiran majusi , hindu dan budha .

BERAMAL TANPA MENGHARAP PAHALA

Rabi’ah al-Adawiyah adalah sufi perempuan yang menuangkan rasa cintanya yang begitu bergelora kepada Tuhan sebagai satu-satunya kekasihnya , Bait-bait syairnya sering di kutip para pengagumnya . al:

Ya Alloh , Jika aku menyembah-Mu , karena takut pada neraka , bakarlah aku di dalamnya . Dan jika aku menyembah-Mu karena mengharap syurga-Mu campakkanlah aku darinya .
Tetapi jika aku menyembah-Mu demi engkau semata , Janganlah Engkau enggan memperlihatkan keindahan wajah-Mu yang abadi kepadaku

Memang kecintaan kepada Alloh adalah landasan ibadah , tetapi ibadah tidaklah terbatas pada mahabbah , masih banyak segi-segi lain seperti khouf , roja’ , khudhu’ , do’a dan lain sebagainya .

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata :” Ibadah adalah nama yang meliputi semua yang di cintai Alloh dan di ridhoi Alloh berupa pekataan dan perbuatan yang nampak dan tidak nampak .

Alloh menyifati para nabi dan Rosulnya bahwasannya mereka beribadah kepada Alloh dengan mengharap dan takut kepada Alloh dan bahwasannya mereka mengharap rohmat dan takut kepada Alloh ( Qs.17 :57 )

Nabi Muhammad berdo’a
“ Ya Alloh aku meminta kepada-Mu surga dan apa yang mendekatkan kepadanya dari perkataan dan perbuatan , dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan apa yang mendekatkan kepadanya dari perkataan dan perbuatan

MUSIK DAN TARIAN SUFI

Sumbangan lain tasawuf pada peradaban Islam adalah musik dan tarian . Konser musik spiritual di sertai pembacaan syair , pujian dan do’a .ketika para ahli fiqh mengharamkannya para ahli sufi memberikan argument syar’I dengan alasan musik membangkitka dzikir kepada Alloh .

Itulah kesesatan shufiyyah . mereka melakukan ritual yang sama dengan orang nasrani di gereja , yang menyanyi-nyanyi untuk beribadah , mendekatkan diri kepada Tuhannya .

MEMBELAH IBNU ‘ARABI DENGAN MEMINTA BANTUAN ORANG-ORANG KAFIR

Kecaman yang di alamatkan kepada Ibn ‘Arabi yang seorang sunni ternyata berasal dari kalangan sunni , pandangan-pandangan mistos filosofisnya membuat Ibn ‘Arabi lebih dekat kapada syi’I dan pandangan –pandangan itu di adopsi oleh banyak ulama syi’i

Ketika kebencian kalangan sunni terhadap Ibn ‘Arabi menguat , termasuk larangan penerbitan dan peredaran karya-karyanya yang di keluarkan DPR Mesir pada tahun 1970 , justru saat itu sekelompok peminat Ibn ‘Arabi dan para sarjana barat malah makin tertarik . pada tahun 1970 - an mereka mendirikan

• BESHARA SCHOOL yang bertempat di Hawick , Skotlandia adalah organisasi yang menyelenggarakan pendidikan esoteric yang mengadopsi terutama ajaran-ajaran Ibn ‘Arabi .
• MUHYIDDIN IBN ‘ARABI SOCIETY yang berpusat di Oxford , Inggris adalah organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman yang lebih baik tentang pemikiran Ibn ‘Arabi

Para sarjana yang ahli tentang Ibn ‘Arabi dan tekun mengkajinya yang berasal dari barat lebih banyak dari pada yang berasal dari dunia Islam , ini menyebabkan pada masa yang akan datang penyebaran ajaran-ajaran sufi di Barat lebih luas dari pada di dunia Islam .

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. 'Ammah Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger